Kapling 9 - CAT PLASTISOL (Solvent Base)


Menerima pembuatan kaos khusus menggunakan sablon plastisol dengan minimal order. Kenapa kami memakai tinta plastisol, itu karena sifatnya yang unik yang tidak dimiliki oleh varian tinta lainnya. Sifatnya bandel dan tidak mudah kering di screen sangat cocok di aplikasikan untuk desain-desain yang detail berupa raster.

Tinta plastisol berbahan dasar minyak yang terbuat dari tinta tekstil, yaitu poly vinyl chloride atau PVC serta plasticizer. Sablon plastisol sangat awet, bahkan setelah di cuci berkali-kali. Sablon plastisol banyak digunakan oleh distro karena merupakan standar sablon clothing negara maju. Kelemahannya, sablon plastisol akan rusak apabila di setrika karena plastisol akan meleleh apabila di setrika.

Pada dasarnya tinta sablon ada dua jenis, yaitu tinta dengan bahan dasar air atau yang disebut dengan waterbase dan tinta yang berbahan dasar minyak atau solvenbase. Bila anda ingin membuat sablonan yang awet dan tahan lama, mengetahui jenis-jenis tinta yang digunakan sangat diperlukan.

CAT PLASTISOL ( Solvent Base ) : Tinta ini berbahan dasar PVC dan harganya cukup mahal serta membutuhkan peralatan khusus untuk pengeringannya. Sebab tinta ini tidak dapat kering dengan sendirinya seperti tinta waterbase pada umumnya. Untuk dapat kering dengan baik, tinta ini memerlukan suhu mencapai 160 derajat celcius serta membutuhkan beberapa peralatan seperti conveyor curing dan flash curing. Setelah pengeringan dengan benar, tinta plastisol ini memiliki daya rekat yang sangat baik. Tinta ini sering digunakan untuk menciptakan efek-efek yang menakjubkan seperti high density. Dan t-shirt yang menggunakan tinta plastisol selalu diberi peringatan ”Do not iron on design”, sebab tinta ini akan meleleh jika terkena panas secara langsung dari setrika.

Alasan pemakaian sablon plastisol :
  1. Sablon plastisol akan memberikan hasil sablonan dengan tekstur yang rapat dan warna cerah.
  2. Sablon plastisol akan awet dan bertahan lama jika dirawat dengan tepat. Akan lebih baik lagi untuk tidak dilakukan penyetrikaan di atas desain sablon. Bila ingin menyetrikanya hendaknya kaos dibalik dan memberikan alas sebelum disetrika.
  3. Sablon plastisol merupakan jenis sablon yang sesuai dengan standarisasi para vendor clothing di luar negeri.
  4. Pemakaian sablon plastisol hanya digunakan oleh beberapa vendor tertentu saja sehingga menjadi lebih ekslusif.

comment 0 komentar:

Post a Comment

Berikut adalah beberapa aturan untuk memberikan komentar di blog ini :

1. Semua komentar kecuali spam dipersilahkan.
2. Anda dipersilahkan jika ingin membuat permintaan dan pertanyaan.
3. Jangan gunakan nama-nama seperti Admin, Penulis, Operator, atau yang lainnya untuk memberikan komentar karena akan membuat orang lain salah paham.
4. Tinggalkan Alamat Email/Url Blog Anda, jika Anda memberi komentar sebagai "Anonymous"

"Terima kasih banyak telah berkomentar"

Delete this element to display blogger navbar

 
© cagappaeh | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger