"Hati-hati" Lapangan Gasibu Bandung Rawan Copet

4 comments


     Copet adalah suatu aksi kejahatan yang dilakukan dengan cara mengambil barang orang lain di saku atau tas tanpa sepengetahuan atau seijin korban. Ini merupakan kejadian nyata yang saya alami pada hari minggu di bulan april, dimana ketika saya sedang berjalan-jalan bersama pacar saya untuk meluangkan waktu senggang. Kejadian ini sudah saya alami sebanyak 2x di Lapangan Gasibu Bandung. Serta Motif yang digunakan juga sama.

Kejadian :
     Waktu itu saya sedang berjalan-jalan bersama pacar saya, niatnya sih cuma mu jalan-jalan za, maklum dompet saya selalu kosong. Hhe... Tapi kebetulan pas hari minggu ini saya baru saja gajian, tepatnya di Siang hari sekitar jam 11.00 siang. Ketika saya sedang berjalan, tanpa saya sadari dari sebelah kiri ada yang merogoh saku saya (di saku kiri ada HP) dan di saku belakang ada yang mengangkat dompet saya. Tp untungnya waktu itu pacar saya yang berada di samping saya segera menyadarinya. Dia pun berteriak kepada saya. Ayaaang9.... "katanya"
     Dan ketika saya tengok ke samping dan belakang ternyata benar, ada orang yang sedang merogoh saku saya. Tapi untungnya lagi HP yang ada di saku sebelah kiri saya belum terambil Dan Dompet saya pun aman karena memang saya selalu menggunakan Rantai untuk dompet saya.

Pertanyaannya : - Kenapa saya tidak berani menghajarnya?
- Karena sepengetahuan saya, Copet di Gasibu itu berkelompok, dan terdiri dari 3 orang yang sudah tua, sekitar umur 30 tahun lebih.
- Baik para pedagang / polisi pun nampaknya santai-santai saja dengan keadaan copet tersebut, mulut dan tangan mereka seakan terkunci. (entah itu oleh uang atau karena takut)

Keahlian Copet :
- Satu tangan diatas dan satu tangan lagi menyelinap dibalik tas atau jaket, copet satu lagi berjaga-jaga , mencoba mengalihkan perhatian atau mencopet penumpang lainnya.

Ciri-ciri Copet :
- Biasanya terdiri dari dua orang, baik itu mencopetnya bersamaan maupun tidak, jika tidak biasanya copet kedua mencopet tidak jauh dari copet pertama, pura -pura tidak kenal antar satu copet dengan temannya tersebut.
- Membawa jaket ditangan atau tas besar namun tidak ada isinya, terkadang tas besar namun keliatan ringan mungkin diisi busa, tas atau jaket disimpan dipangkuan semua itu untuk menutupi aksinya.
Berpakaian rapi, beberapa yang saya temui pakai kemeja, pakai sepatu, ada juga yang pakai topi.
- Umur bervariasi, waktu di daerah Gasibu dua-duanya umurnya sekitar 30 tahunan, yang lebih muda bertampang kumal.
- Gerak-geriknya mencurigakan, biasanya memperhatikan si korban terlebih dahulu dari ujung kaki sampai ujung rambut.
- Kalo diantara keramaian suka mepet berjalannya walaupun disekitarnya masih kosong.

Cara Untuk Menghindari Copet :
- Sisakan uang seperlunya untuk jajan/belanja dikantong saku, simpan uang yang jumlahnya besar atau hape ditempat yang jauh dari jangkauan copet misalnya didalam lipatan baju didalam tas atau pecah-pecah uang dibeberapa tempat supaya jika salah satu hilang masih ada yang lain.
- Jangan menyimapan uang dalam jumlah besar dalam dompet yang tidak dijaga, kalo ingin aman, belilah rantai untuk dompet sobat.
- Curigai orang yang membawa tas besar atau jaket dipangkuan.
- Curigai orang dengan gerak-gerik yang mencurigakan, jalan mepet-mepet, memperhatikan orang dari ujung - kaki sampai ujung rambut.
- Curigai orang yang salah satu tangannya tersembunyi dibalik tas atau jaket.
- Jangan melamun
- Jangan terpaku pada satu pandangan, cobalah sekali-kali melirik kearah lain.
- Jangan coba-coba pamer hape, pake hape seperlunya dan simpan lagi ditempat yang aman.Jika memakai tas dengan resleting ganda, ubah posisi resleting ke posisi atas supaya terlihat oleh penumpang lainnya.
- Jika selama perjalanan anda tidak akan mengambil apa-apa dari tas, alangkah baiknya tas anda dibungkus dengan rain cover atau bag cover.
- Lebih berhati-hatilah di tempat ramai, karena disanalah copet lebih leluasa beraksi.
- Jangan melawan copet sendirian jika sekiranya anda tidak mampu karena copet tidak pernah beraksi sendirian melainkan berkelompok.

Semoga bermanfaat.

4 comments :

  1. Alhamdulillah dapat ilmu.
    syukron mas atas artikelnya. Insya Allah akan sangat bermanfaat mas

    salam ukhuwah

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat menarik... mantab sob.. :42

    ReplyDelete
  3. trimakasih atas tips2 yg diberikan . semoga ini gx terulang lagi

    salam Blogging With Me :54

    ReplyDelete
  4. Copetnya orang palembang semua...
    aku aja dua kali hampir kena copet....

    tapi, saya bentak pake bahasa palembang...
    saya kan orang palembang...

    kabur semua tu copet...
    mereka ganas dan serem...

    hati-hati sama orang palembang ya....
    hahahahahahahahahah

    ReplyDelete

Berikut adalah beberapa aturan untuk memberikan komentar di blog ini :

1. Semua komentar kecuali spam dipersilahkan.
2. Anda dipersilahkan jika ingin membuat permintaan dan pertanyaan.
3. Jangan gunakan nama-nama seperti Admin, Penulis, Operator, atau yang lainnya untuk memberikan komentar karena akan membuat orang lain salah paham.
4. Tinggalkan Alamat Email/Url Blog Anda, jika Anda memberi komentar sebagai "Anonymous"

"Terima kasih banyak telah berkomentar"